Holiday Guide To Yogyakarta Indonesia

  • Yogyakarta adalah ejaan resmi kota ini, pun biasanya kota ini juga diucapkan dan tidak jarang ditulis dengan Jogjakarta atau hanya Jogja (JOGH-jah). Kota yang terkenal dengan kuliner nya di kenal dengan Kota Gudeg ini adalah tujuan wisata utama di Indonesia. Kota ini juga merupakan ibu kota Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

    Berikut ini adalah Panduan Liburan Ke Yogyakarta, panduan wisata ke Yogyakarta yang ringkas untuk kalian yang ingin belibur ke Yogyakarta dan memerlukan informasi. Panduan liburan ke Yogyakarta ini akan diupdate dalam jangka waktu tertentu jika ada update terbaru atau tambahan informasi.

    Sekilas Tentang Yogyakarta

    Tugu, salah satu monumen terkenal di Yoyakarta.

    Yogyakarta adalah kota yang ramai dengan beberapa juta penduduknya dan merupakan tujuan wisata paling populer di Jawa. Semua itu karena kedekatannya dengan candi Borobudur dan Prambanan. Kota Yogyakarta ini juga merupakan pusat seni dan pendidikan, menawarkan beberapa baik belanja dan memiliki berbagai fasilitas wisata.

    Sebenarnya, kota (kota) Yogyakarta hanya satu dari lima kabupaten di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sementara itu, kabupaten lainnya adalah Sleman di lereng Gunung Merap yang berada di utara, Bantul di selatan, perbukitan Gunungkidul di Timur dan Kulon Progo di Barat.

    Status khusus ini ada berkat Kesultanan Hamengku Buwono, yang telah memerintah wilayah tersebut sejak 1755 dan membantu Indonesia melalui masa-masa sulit pendudukan dan revolusi. Selama perang kemerdekaan Indonesia, Sultan Hamengkubuwono IX juga banyak membantu pemerintah Indonesia, menjadikan Yogyakarta sebagai ibukota Indonesia. Memang, Yogyakarta pernah menjadi ibukota republik Indonesia pada tahun 1946-1949 ketika Jakarta masih diduduki oleh Belanda. Akibatnya, pemerintah pusat mengakui Sultan Yogyakarta sebagai gubernur ditunjuk Daerah Istimewa Yogyakarta; satu-satunya gubernur di Indonesia yang tidak dipilih langsung oleh rakyat.

    Sayangnya, Yogyakarta ini terletak di salah satu daerahh seismik paling aktif bagian dari Jawa. Karena itu beberapa kali kota ini dilanda gempa bumi dan letusan gunung berapi. Yang terburuk dalam sejarah adalah gempa 27 Mei 2006, yang menewaskan lebih dari 6.000 orang dan meratakan lebih dari 300.000 rumah. Untungnya, pusat gempa berada 25 km di sebelah utara dari kota, yang dengan demikian dapat dihindari efek terburuk gempa. Selain itu upaya pemulihan bencana sangat efektif melihat sebagian besar kerusakan fisik diperbaiki cukup cepat.

    Hanya empat tahun kemudian, pada bulan Oktober 2010, gunung berapi di dekatnya Gunung Merapi meletus, memuntahkan lava lebih desa di dekatnya, Borobudur dan membunuh 353 orang. Setelah gemuruh dan mematikan selama dua bulan, gunung berapi tenang pada bulan Desember 2010.

    Cara Menuju Yogyakarta

    Ada banyak cara untuk berlibur ke Yogyakarta, seperti dengan Pesawat, Bis, Mobil, hingga Kereta Api.

    Liburan Ke Yogyakarta Dengan Pesawat Terbang

    Bandara internasional Yogyakarta Adisucipto.

    Bandara internasional Yogyakarta Adisucipto.

    Adisucipto International Airport adalah bandara utama Yogyakarta (IATA: JOG), bandara kecil tapi sibuk ini berada pada 8km di timur kota.Garuda adalah salah satu maskapai yang mempunyai penerbangan dari Jakarta (50 menit). Untuk layanan internasional, AirAsia menghubungkan Yogyakarta dengan Kuala Lumpur dan Singapura.

    Ada meja informasi turis, ATM dan taksi di ruang kedatangan. Taksi resmi bandara tersedia dengan harga sekitar IDR 50,000 tergantung pada tujuan kalian. Tinggal membayar di meja taksi yang ada di terminal kedatangan dan kemudian menuju pangkalan taksi resmi. Berikan tanda terima tadi kepada driver kalian, tidak ada pembayaran tambahan setelah itu.

    Bandara Yogyakarta adalah salah satu dari dua bandara terhubung dengan kereta api Indonesia, selain Bandara Kuala Namu di Medan, Sumatera Utara. Kalian bisa pergi dari dan ke bandara dengan naik kereta api Prambanan Ekspres ke / dari Kutoarjo (barat dari Yogyakarta), Palur (sebelah timur dari Surakarta) dan dari beberapa stasiun, seperti Stasion Tugu di dekat Jalan Malioboro di Yogyakarta) dan stasiun Solobalapan di Solo. Stasiun kereta api di bandara ini hanya beberapa menit berjalan kaki dari terminal kedatangan, melewati sebuah underpass.

    Informasi penting mengenai Bandara Internasional Yogyakarta yang perlu dicatat : Bandar Udara Internasional Adisucipto (Adisucipto International AIrport), Jl. Solo km9, ☎ +62 274 484261 (fax: +62 274 488155). Tourist Information Service: + 62 274 387202 / 62 274 4531318.