Blogs » Family & Home » Tips Perawatan Pemanas Air

Tips Perawatan Pemanas Air

  • Kami mengandalkan pemanas air setiap hari. Karena biasanya dipasang di garasi atau ruang bawah tanah, kami tidak terlalu memikirkannya sampai kami tidak memiliki air panas atau kami menemukan air bocor di lantai. Banyak pemanas air akan bertahan lama karena telah diberi perawatan yang tepat untuk memperpanjang umurnya. Dengan memperpanjang umur pemanas air Anda, Anda menghemat uang karena Anda tidak perlu membeli yang baru.

    Anda akan ingin melakukan program tiga langkah sederhana setiap tahun untuk menjaga tangki Anda dalam kondisi prima. Program ini hanya akan memakan waktu sekitar 5 menit dan mudah diselesaikan. Anda akan melakukan tiga hal:

    Ubah suhunya
    Uji Relief Valve untuk mengetahui suhu dan tekanan
    Siram sedimen dari dasar tangki
    Mari kita mulai dengan Langkah No. 1: Mengubah suhu

    Di bagian depan tangki pemanas air ada dial. Bisa berupa kenop pada katup gas atau termostat pada pemanas listrik.
    Ubah pengaturan menjadi sekitar 60 derajat. Jika Anda membuat air Anda lebih panas dari suhu ini, Anda membuang-buang energi dan dapat menyebabkan tangki Anda terlalu panas. Pemanas air panas Anda sebenarnya akan menambahkan air dingin ke air panas jika sangat tinggi sebagai ukuran keamanan.
    Langkah kedua yang akan kita periksa adalah suhu dan katup pelepas tekanan. Katup ini sangat penting untuk pengoperasian pemanas air Anda dengan benar dan merupakan fitur keselamatan.

    Untuk menguji katup, angkat tuas sekitar setengah jalan, lepaskan, dan biarkan terpasang kembali.
    Dengarkan suara gemericik. Katup tersebut memungkinkan air untuk dilepaskan ke tabung pembuangan.
    Jika Anda tidak mendengar apa-apa, itu mungkin berarti katupnya buruk dan perlu diganti.
    Langkah ketiga dan terakhir untuk memelihara pemanas Anda adalah membuang sedimen dari tangki. Ini akan membantu mencegah korosi dan karat menumpuk di dalam tangki. Cara terbaik adalah melakukan penyiraman penuh tetapi itu berarti Anda harus menutup tangki penyimpanan dan menguras semua air di dalamnya. Anda dapat melakukan penyiraman yang lebih kecil yang akan berhasil. Anda bisa melakukan penyiraman mini ini saat pemanas air masih menyala. Inilah yang harus dilakukan:

    Di bagian bawah tangki adalah katup pembuangan. Anda dapat memasang selang dan menjalankannya di luar atau Solahart meletakkan ember di bawah katup.
    Tangki Anda mungkin memiliki pegangan di saluran pembuangan atau pegangan yang perlu diputar dengan obeng.
    Putar pegangannya berlawanan arah jarum jam. Air panas akan mulai mengalir dari tangki.
    Saat Anda telah menguras beberapa galon, matikan saluran pembuangan dengan memutar searah jarum jam.
    Perhatian: Bersiaplah untuk air yang mengalir dari pemanas air menjadi panas. Pastikan anak-anak tidak ada di sekitar Anda saat Anda melakukan ini dan berhati-hatilah agar Anda tidak terbakar.

    Bahkan dengan hati-hati, pemanas air bisa bermasalah. Tanda-tanda pemanas air Anda mengalami masalah adalah sebagai berikut:

    Tidak ada air panas
    Air bocor di sekitar dasar pemanas
    Suara letupan rendah di dalam tangki
    Air berwarna karat
    Air dingin atau dingin di keran saat air panas dihidupkan
    Jika Anda berpengalaman mengganti pemanas air, Anda dapat mengganti pemanas atau mencoba memperbaiki area yang mungkin rusak. Pilihan Anda yang lain adalah memanggil tukang ledeng. Berikut adalah kemungkinan masalah yang mungkin dialami pemanas air Anda:

    Elemen pemanas mungkin buruk jika Anda terkena air hangat suam-suam kuku saat mandi.
    Periksa apakah Anda mengalami masalah karena tidak memiliki cukup air panas. Apakah di pagi atau sore hari saat semua anggota keluarga sedang mandi? Anda mungkin membutuhkan tangki yang lebih besar atau perubahan jadwal.
    Jika Anda mengalami air berwarna karat, Anda mungkin mengalami korosi dan karat di dalam tangki Anda atau batang anoda tidak berfungsi.
    Jika Anda mendengar suara letupan rendah, itu berarti air mendidih di dalam tangki Anda. Sedimen telah menumpuk di dasar tangki Anda dan menyebabkan panas berlebih.
    Jika ternyata pemanas Anda bocor, biasanya katup pelepas tidak berfungsi dengan baik atau tangki Anda berkarat atau berkarat.
    Menjaga pemanas air Anda dalam kondisi baik itu penting. Anda akan menikmati manfaat air panas saat Anda menginginkannya.