Blogs » Other » Cara Menghilangkan Alga AkuariumĀ Terumbu

Cara Menghilangkan Alga AkuariumĀ Terumbu

  • Banyak penjaga akuarium air asin panik saat melihat ganggang akuarium karang dan melakukan segala daya mereka untuk menghilangkannya dari tangki mereka. Tapi itu hampir mustahil karena alga adalah bagian dari ekosistem alami dan tanpanya tangki Anda akan gagal.

    Namun, kunci suksesnya adalah menjaganya tetap pada level minimum sehingga tidak mengambil alih tampilan tangki terumbu Anda. Penggemar MY ID

    Cara Mengontrol Alga Akuarium Karang Dengan Mudah

    Predator Alami- Segala sesuatu di terumbu memiliki predator dan alga tidak terkecuali. Dengan menggunakan siput dan kepiting untuk memakannya, pertumbuhan alga Anda harus tetap terkendali. Bahkan ada beberapa ikan pemakan alga yang berwarna-warni dan berguna seperti tangs, blennies dan beberapa ikan malaikat yang dapat membantu siput dan kepiting.

    Gunakan Air Murni- Nitrat dan fosfat adalah penyebab utama alga di akuarium. Sering kali air keran Anda sudah penuh dengan senyawa ini, jadi saat Anda mengganti air, Anda akan memperburuk keadaan! Untuk menghindari hal ini, unit pengolahan air osmosis balik yang baik akan memberi Anda 99% air bebas nutrisi untuk digunakan di tangki Anda.

    Perawatan Tangki yang Baik- Sering mengganti air dan menjaga peralatan penting seperti skimmer protein tetap bersih akan sangat membantu dalam mengurangi senyawa pemakan alga di akuarium terumbu Anda.

    Anda juga dapat mengambil power head kecil dan meniup puing-puing dari pekerjaan batu tepat sebelum penggantian air dan membuangnya saat Anda menyedot air.

    Pertahankan pencahayaan yang baik- Bola lampu tua cenderung bergeser ke bagian merah dari spektrum warna yang akan menyebabkan alga akuarium karang tumbuh lebih cepat dari biasanya. Untuk menghindari perubahan warna ini, gantilah bola lampu Anda setiap 7-9 bulan sebagai bagian dari program perawatan rutin Anda.

    Sirkulasi yang Baik- Memiliki sirkulasi tangki terumbu yang memadai tidak hanya akan meningkatkan oksigen di dalam air tetapi juga akan membuat puing-puing seperti makanan yang tidak dimakan dan limbah ikan tertahan cukup lama untuk ditangkap dan dibuang oleh filter tangki atau skimmer protein.